INSTRUMEN MBS  

Diposting oleh Moh. Thamrin

INSTRUMEN MBS (MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH)

Tandai pada kolom Y (ya) atau T (tidak) dengan centang () sesuai dengan kenyataan dan tuliskan komentar yang diperlukan pada kolom di sampingnya. Tuliskan juga komentar lain yang belum terungkap dalam tabel ini pada bagian akhir instrumen ini.

Nama Sekolah : ................................................... Pengamat: ...............................................................
Kecamatan : ...................................................

KOMPO-NEN INDIKATOR Y T KOMENTAR
PAKEM Setiap guru memiliki Prota, Promes, Silabus, dan RP (disusun guru) yang mengacu pada kurikulum nasional
RP yang disusun guru berperspektif gender
Melakukan observasi kelas dan tindak lanjut
Setiap guru mengelola lingkungan belajar
• Pajangan dan pengelolaan kelas
• Penggunaan media dan sumber belajar
Sesama guru melakukan peer assessment (penilaian oleh kolega)
Setiap guru melakukan penilaian berbasis kelas
Manaje-men Sekolah dan PSM Visi, misi, dan tujuan sekolah
• Perumusan melibatkan warga sekolah/ stakeholder dan masyarakat
RPS dan RAPBS
• Penyusunan melibatkan warga sekolah/stakeholder dan masyarakat
Akuntabilitas
• Pelaporan program dan keuangan setiap tahun
• Pamajangan RAPBS/RPS
Menjalin kerjasama untuk pengembangan sekolah dengan
• komite sekolah , warga sekolah, masyarakat
Melakukan tertib administrasi
• keuangan, sarpras, ketenagaan, siswa
Pembagian tugas dilakukan dengan jelas
Melakukan pertemuan rutin dengan
• guru/karyawan, komite, orang tua
Mengembangkan budaya sekolah
Mengembangkan karier guru/staf
Penghargaan dan sanksi
• Memberikan penghargaan bagi guru/staf yang berprestasi
• Memberikan sanksi bagi guru/staf yang melakukan pelanggaran

Komentar lain
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Read More…

This entry was posted on 00.42 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar